27 October 2008

Kantor baru, suasana baru = adaptasi

Yap, siapapun pasti setuju kalo yang namanya pindah kantor, pasti akan nemuin yang namanya masa beradaptasi. Ketemu orang-orang baru, lingkungan baru, suasana baru, semuanya pasti butuh waktu untuk beradaptasi. Tapi lamanya waktu adaptasi yah tergantung masing-masing individu.

Pernah dulu pas sesi wawancara buat ngedapetin kerjaan yang sekarang ini, aku ditanya ma manajer HRD nya tentang gimana sikap ku di tempat atau lingkungan yang baru. Gak susah untuk ngejawab pertanyaan yang satu ini, karena biar gimana pun, sedikit banyaknya aku sering 'menganalisa' setiap hal yang aku jalani. termasuk 'analisa' tentang bagaimana sikapku kalau ada ditempat yang baru.

Jujur aja, sebagai orang baru, sikapku atau mungkin juga banyak orang akan cenderung lebih banyak diam, tapi dibalik diam itu, aku mencoba untuk memperhatikan sekelilingku. Gimana gaya si A, si B ato si C kalo lagi bicara, becanda, nyela, negur, dsb. Karena setiap orang punya gaya yang berbeda dalam bicara, atopun becanda, makanya untuk bisa masuk ke masing2 orang juga perlu cara yang berbeda, tapi inget lho tetap jadi diri sendiri, bukan jadi orang yang bermuka dua hanya karena ingin diterima di pergaulan.

Harus tahu gimana caranya becanda dengan si A yang mungkin bersifat sedikit tempramental, atau gimana cara negur si B yang emang udah dari sononya jutek, tapi sebenernya dia baek. intinya sih aku menganggap semua orang itu baik, sekalipun dia juteknya pun ampun. Tinggal gimana cara kita untuk bisa 'masuk' aja.

Oh ya satu lagi yang penting, pengetahuan yang luas juga bantu kita untuk bisa masuk ke hampir semua tipe orang lho. Contoh aja nie ya, aku dulu punya temen yang juteknya pun ampun deh, sampai banyak yang bilang ogah temenan ma dia. Tapi aku tahu selanya dia dimana. Dia suka banget tuh ngobrolin film, dan doyan banget kalau di ajak nonton film bareng. Akhirnya karena ngerasa cocok, kita akhirnya sahabatan dah ampir 7 tahun lho.

Yang jelas, jangan adu api dengan api, alias, jangan yang jutek dibalas dengan dijutekin, bukannya jadi temen, malah bisa jadi musuh. Percaya kalau semua manusia itu pada dasarnya baik, adalah modal utama dalam ngejalin silaturahmi dengan siapa aja.

Seperti kata seniorku dulu di Swaragama, mbak Tyas *thx mbak, kata2 mu sampe sekarang masih kuingat*, dia pernah bilang ke aku pas baru training di swaragama, "coba dekatin yang kamu anggap susah untuk didekatin, karena yang kamu anggap susah untuk didekatin itu biasanya butuh waktu yang lebih lama untuk bisa beradaptasi,"

Dan bener lo, setelah itu aku langsung deketin dua orang yang aku anggap susah untuk didekatin. Tadinya sih ogah ngedeketin mereka, tapi setelah dipikir2, aku kan anak baru, wajar kali kalau dapet perlakuan yang agak gimana gitu dari senior, selama dalam batas wajar. Gila aja dua orang itu tadinya jutek abis lho. Tapi setelah aku tahu celahnya, eh malah dua orang itu yang jadi temen dekat.

yah semoga ajah, di tempat baru ini, aku bisa dengan cepat beradptasi dengan orang2nya dan lingkungannya.
Buat teman2 dikantor lama (F & R) kangen nie ma kalian....
buat mbak Ken, yang mungkin baca posting ini aku cuma mau bilang, "kangen pengen curhat lagi denganmu................"

2 comments:

kennisa said...

Kangen juga Decy, hehehe...sukses ya, di kantor baru. Aih, aih, namaku disebut si posting, sering-sering aja, hahaha...
Aku juga kangen pengen banget curhat sama Mrs. Jonathan Rhys-Meyer ini. Jangan lupa, berkunjung ke rumah yang baru ya?

ika said...

apakah orang jutex selalu mengingatkan lu ama gw????

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net