28 September 2017

Si Bajindul, Gokil Abis yang Lagi Viral


Sekitar tiga atau empat bulan yang lalu, ketika iseng nontonin vlog di youtube, saya ketemu sama satu channel yang dari segi tampilan jauh dari kata menarik. Mulai dari teknik pengambilan gambarnya  hingga editingnya , dan bisa dibilang tampilan mas-mas ini ndeso. Jangan bandingkan dia dengan vlogger macam Bayu Skak, Skinny24, Agung Hapsah, apalagi Tim 2 One. Kalau kalian terbiasa menonton vlog seperti yang saya sebutkan tadi, maka akan sangat jomplang ketika melihat vlog mas-mas dengan logat jawa medok yang tinggal di Korea ini.

Mungkin karena keseringan mencari konten youtube soal Korea, atau kehidupan mahasiswa yang tinggal di Korea, maka youtube merekomendasikan saya sebuah akun channel yang dari namanya saja cukup unik : GOKIL ABIS. Awalnya saya bergeming  melihat rekomendasi youtube, tapi karena sering muncul, akhirnya saya klik juga. Penasaran se-gokil apa sih Channelnya.

Saya ingat betul saat itu, video yang saya tonton adalah video yang memperilihatkan si mas-mas Gokil Abis ini belanja di sebuah supermarket di Korea. Dia menceritakan tentang harga barang-barang yang dijual di Korea, yang tentunya lebih mahal dengan di Indonesia. Ada yang menarik ketika pertama kali menonton video dari Mas Gokil Abis ini, dengan logat jawa timuran yang medok, ternyata dia bisa berbahasa Korea juga walau tetap ketika berbahasa Korea tidak meninggalkan medok jawa nya. Lucu, tapi menarik. Lalu yang juga menarik setelah akhirnya saya menonton beberapa vlog nya adalah, mas Gokil Abis ini benar-benar menjadi dirinya sendiri, jujur, dan sederhana. Memang betul bahwa yang nonton youtube gak cuma mereka yang disebut millenials, atau mereka yang tinggal di perkotaan, dengan semakin banyaknya ponsel pintar yang dijual dengan harga murah, dan paket data yang juga semakin murah, maka siapa saja bisa mengakses Youtube, bahkan membuat akun channel di youtube. 

Konten vlog mas Gokil Abis ini beragam, seperti cerita mengenai bagaimana awalnya sampai ia bisa bekerja di Korea. Maka, tidak heran jika melihat kolom komentar nya, beberapa diantaranya sering bertanya ke Mas Gokil, gimana caranya kalau mau jadi TKI di Korea. 

Mas Gokil Abis yang bekerja sebagai sopir untuk sebuah pabrik kaca ini punya sapaan khas buat penonton channel youtubenya, dia selalu membuka dengan " Hai Gaes,". Sapaan ini saja sudah buat saya tersenyum ketika pertama menonton vlognya, belum lagi ia sering ngomong bajindul :))

Kalau vlogger lainnya sering bikin video Room Tour atau Home Tour, maka mas Gokil Abis ini juga gak mau kalah, dia bikin video home tour, dengan menunjukkan bagian-bagian dari tempat tinggalnya di Korea. Dia mampu menunjukkan sisi menarik dari dirinya dengan tetap menjadi dirinya sendiri, disaat banyak orang yang ketika ingin memulai menjadi vlogger, terlalu fokus untuk membuat video dengan editing yang luar biasa, terlalu pusing mikirin mau bikin vlog dengan konsep yang seperti apa, dan mikirin banget kira-kira konten yang bakal dibikin bakal berkualitas apa gak *sebenernya ini ngomong ke diri sendiri sih :p*, lalu tiba-tiba ada vlog yang secara tampilan dan konten terlihat biasa aja, tapi ternyata menarik - paling gak ini buat saya-, dan yang menarik lagi adalah dia menjadi inspirasi buat banyak orang di luar sana yang ingin memperbaiki nasibnya.

Saya salut akan sosok mas Gokil Abis yang sederhana ini karena kegigihannya, perjuangan dan kerja kerasnya selama proses menajdi TKI di Korea dan ketika hidup di Korea. Kisahnya bisa dilihat di video ini 



Selain itu, yang juga bikin saya salut adalah, tekad dia ingin memperbaiki hidup tidak hanya denga bekerja sebagai TKI di Korea, tapi dia juga membekali diri dengan kuliah di Universitas Terbuka, Jurusan Komunikasi di Seoul - Korea, dan mengambil semacam kursus servis mobil di salah satu universitas di Korea




Lalu, tiba-tiba beberapa waktu kemarin, saya lihat berita bahwa salah satu video yang diupload mas Gokil ini jadi viral. Videonya menceritakan perjalanan dia ke sebuah tempat rekreasi dan mencoba wahana yang ada, yang bikin lucu adalah ekspresinya dan celotehan berbahasa jawanya ketika mencoba wahana tersebut, dan ke-pede-an si mas Gokil ini mengajak ngobrol mbak-mbak yang duduk di sebelahnya dengan bahasa Korea.



Updatenya mas Gokil Abis yang punya nama asli Parindra Sidik Cahyono ini bakal ke Indonesia memenuhi panggilan beberapa stasiun TV di Jakarta untuk interview. Wis lah, semoga selalu sukses mase :) Tetap berkarya dan tetap jadi diri sendiri. Yang mau tau lebih banyak si mas Gokil Abis ini monggo main ke channel youtubenya


Terakhir, saya jadi ingat sebuah kutipan dari materi standupnya Pandji bahwa "Sedikit beda, lebih baik dari pada sedikit lebih baik," dan "Gak ada sesuatu yang tiba-tiba langsung bagus, yang penting mulai aja dulu, menjadi bagus itu adalah bagian dari berproses,"

No comments:

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net