22 January 2018




Bertempat di Jakarta Creative Hub, Thamrin, pameran foto dan video dari Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) resmi dibuka kemarin, Sabtu, 20 Januari 2018. Buat yang bingung di mana itu Jakarta Creative Hub, patokannya ga jauh darin stasiun karet, lokasinya persis berdampingan dengan Apartemen Thamrin Residence. 

Saya sendiri baru pertama kali ke Jakarta Creative Hub (soal JCH ini saya berencana menuliskan di post yang berbeda 😀). Jadi apa sih sebenernya Pameran Foto dan Video ini, lalu apa itu KIJP? Sama dengan KJP?




Yup, jadi KIJP itu singkatan dari Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau, sebuah kegiatan sosial yang peduli terhadap pendidikan anak sekolah dasar di kepulauan. Siapa aja yg gabung di KIJP? banyaaaak banget, berbagai macam profesi tergabung di komunitas ini. Saya sendiri baru gabung di batch 6, 2017 kemarin, dan ditempatkan di Pulau Kelapa, selama 3 hari. Jadi, jelas kan kalau KIJP beda dengan KJP. Yup, terdengar sama tapi sejatinya berbeda. Dulu waktu di Pulau Kelapa, banyak warga setempat yang masih mengira, kami ini dari KJP, heheheheh.

Lalu pameran foto dan video ini apa? Oke, jadi gini, setiap kegiatan KIJP ada yang namanya relawan inspirator dan ada yang namanya relawan dokumentator. Kalau relawan inspirator, adalah mereka yang mengenalkan profesi ke anak-anak pulau, nah relawan dokumentator adalah mereka yang mengabadikan setiap momen yang ada di pulau, mulai dari kegiatan di sekolah, ekspresi dan tingkah laku anak-anak, hingga interaksi antara anak dan relawan.So, untuk mengapresiasi karya-karya relawan dokumentator, dibuatlah pameran foto dan video. Ini sebenernya kali kedua, tahun 2016 lalu juga sudah pernah diadakan, waktu itu bertempat di Galeri Indonesia Kaya.




Kali ini ada sekitar 60 karya foto dari 2304 foto yang masuk. 60 foto ini lah yang berhasil lolos untuk kemudian dipamerkan. Melihat foto-foto ini, seakan membawa kembali memori semasa di pulau, ketika berinteraksi dengan anak-anak. Sebuah momen yang priceless banget, jadi ga sabar untuk ikutan KIJP batch 7 😀





Buat yang juga mau liat, datang aja mulai taggal 22 Januari sampai 27 Januari dari jam 11:00 sampai jam 19:00. Kali aja abis ini jadi pengen ikutan KIJP juga :)







Cheers,
Desy
0

09 January 2018

2018 memang sudah berjalan hampir sepuluh hari dan saya baru tergerak untuk membuat sebuah  recapRecap ini sendiri sebeneranya lebih ke catatan mengenai apa saja yang berkesan buat saya selama menjalani 2017.

Setidaknya ada lima hal sepanjang tahun 2017 yang berkesan buat saya

1. Satu tahun perjalanan Main ke Museum

Alhamdulillah, komunitas yang saya inisiasi bersama teman-teman yang tadinya tergabung di Kelas Inspirasi Jakarta 5, memasuki usianya yang setahun. Kalau diibaratkan manusia, komunitas kami masih batita. Kami masih perlu banyak belajar, masih perlu banyak ditempa pengalaman yang menjadikan kami dewasa nantinya. Semoga kami masih bisa terus bersama-sama dalam frekuensi yang sama. Untuk yang mau tahu lebih lanjut mengenai komunitas Main ke Museum, bisa membaca postingan saya yang ini


2. Main ke Museum Goes To Surabaya



Masih soal komunitas Main ke Museum, setelah sukses menggelar kegiatan Main ke Museum di Jogjakarta dalam rangka hari Pahlawan tahun 2016, maka saya terpikir untuk membuat kegiatan yang sama di tahun 2017. Jadi, kalau biasanya kegiatan reguler Main ke Museum setiap dua bulanan itu diadakan di Jakarta, maka ada satu momen di mana kami - para relawan - berkunjung ke museum yang ada di luar Jakarta, dengan mengajak anak-anak daerah setempat untuk belajar, bermain dan bersenang-senang di Museum. Maka tercetuslah ide Surabaya, dan momen yang kami ambil masih berkaitan dengan Hari Pahlawan. Anak-anak yang kami bawa berjumlah sekitar 90 anak dari 3 SD yang berbeda. Cerita soal suka duka membuat event ini akan saya ceritakan dalam postingan berikutnya


3. Ikut Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP)


Berada di antara anak-anak itu bagi saya seperti me-recharge energi, sementara berbagi adalah hal yang belakangan saya sadari selalu berhasil membuat saya merasa lebih hidup. Bahkan sepertinya berbagi menjadi passion saya. Berbagi membuat saya mendapat lebih banyak hal lainnya lagi, seperti saya bisa mendapat 'keluarga' baru, mendapat kebahagiaan yang bahkan tidak bisa diukur dengan materi. Maka, KIJP menjadi salah satu wadah saya untuk mencurahkan apa yang saya suka, dan dari sini juga pada akhirnya membuka banyak peluang baru serta pelajaran baru bagi saya.

4. Menjadi bagian dari tim Pandji Pragiwaksono

Berawal dari mengagumi selama hampir tujuh tahun, akhirnya di tahun 2017 ini, saya memiliki berkesempatan untuk 'bantu-bantu' di tim Pandji Pragiwaksono. Ga usah saya sebutin bantu dalam hal apa, tapi punya kesempatan untuk bisa belajar langsung dari orang yang selama ini saya kagumi saja sudah bikin saya bersyukur.


And Last but Not Least adalah

5. Diundang ke Istana Presiden




Yup berkat aktivitas saya di Main ke Museum, saya mendapat kesempatan diundang ke acara buka puasa bersama di Istana Presiden bersama orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo. Selain itu saya juga berkesempatan untuk bisa bertemu dengan banyak orang-orang kreatif dan berprestasi di bidangnya masing-masing. Sebuah kehormatan bisa mendapat kesempatan yang mungkin cuma bisa sekali seumur hidup ini.


Begitulah recap saya sepanjang tahun 2017 :)
See u on my next post

0

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net