03 February 2009

NoDanya hilang aja donk,,,,

Sekedar mau berbagi pengalaman dikit ni, mungkin diantara temen2 yang baca ada yang udah tau, tapi gag papa, sekedar berbagi ilmu, hehehe :D

Okeh, langsung saja dimulai, jadi gini, saya itu kan termasuk orang yang suka sekali beli baju warna putih. Nah masalahnya kalo baju putih itu udah pasti donk, cepet banget kotor, dan rawan kena noda. Pokoknya harus ekstra hati2 lah kalau make baju putih, apalagi baju putih juga rawan terkena luntur pas di cuci, makanya aku selalu misahin baju putih dan berwarna. Tapi ada 1 hal yang sungguh amat sangat mengganggu, nyebelin banget deh pokoknya. Kejadian ini selalu berulang setiap nyuci baju putih, jadi pas diangkat dari jemuran baju2 putihku, dengan sukses donk ada bercak2 nya, agak kuning2 gitu, awalnya aku pikir kelunturan baju batik, tapi,,,,kayanya gak mungkin karena kan nyuci nya di pisah.

Akhirnya aku mutusin buat pakai pemutih yang terkenal itu bay***n, aku rendem pake air anget, setelah semalem di rendem, aku kucek2, dan aku bilas, trus jemur, dan setelah kering, lho kok???? GAK MEMPAN!!!!! tetep aja ada tuh bercak2 kuningnya. Okeh, mulai berpikir, apa yang salah ya? hmmmm,,,,,tanya temen2 kos, ternyata mereka juga mengalami hal serupa. Jadi kayanya itu dari air yang kita pakai deh, mungkin zat besi di airnya kuat banget, *kata temenku si gitu*, jadi gak cukup cuma dengan bay***n itu. Trus buat ngilanginnya gimana? secara gara2 itu, aku jadi gak bisa pakai baju2 putih kesayangan lagi, hukz sedih.

Salah satu temen kos, nyaranin buat make sitrun ato bahasa kiminya citric acid. Yang aku tau sih itu buat kalo mau bikin es buah deh, jadi biar buahnya gak layu. Tapi kata temenku itu ampuh lo buat bikin baju putih yang kena noda atau kena apapun itu, bisa kembali kinclong lagi. Ya udah akhirnya bereksperimanlah diri ini dengan sitrun.

Dimulai dengan membeli sitrun di warung deket kos seharga seribu perak *murah meriah*, trus mulai deh eksperimen. Mencampur sitrun dengan detergen dan air anget, perbandingannya gak tau, pokonya main campur aja,,dikira2 aja deh. Rendem sesuai kebutuhan, kalo emang setengah hari tuh noda udah ilang, ya udah segera aja di kucek, dan di bilas. Tapi berhubung baju putihku udah parah banget bercak nya, jadi agak lama, dan sempet direndem dua kali. Butuh waktu sehari, dan pas aku liat : JENG,,,JENG,,,,JENG,,,,ILANG AJA DONG NODANYA!!!!!!!!
ternyata benar sodara2 sitrun bermanfaat sekali buat ngilangin noda di baju putih....ada yang mau coba???silahkeun,,,monggo,,,

12 comments:

Felicity said...

Wow... Makasih buat infonya yak... Gw bakal inget2x deh sampe akhir hayat, suerrr!.

Secara gw paling males cuci baju (mending nyuci piring bertumpuk2x deh) so gw mengandalkan mesin cuci ato hubby buat nyuci baju, jadi ilmu percucian gw masih cetek, kalah deh sama Indira :)

indira said...

@ Felicity : auh auh auh,,,mbak fel bisa aja, ilmu percucian gw juga gak gitu2 amat kali, heheheh....

Retrira said...

Waaaa.........

makacih banget nih tips-nya!!!

nurul said...

Buka loundry aja, des..
Lumayan loh buat tambahan.
Hehehe...

Ika Fikri said...

wah bek,lumayan juga tu idenya...alnya seragam kerja gw tu putih trus ada logo merah,kalo gw ksh bay... itu tar merahnya luntur jadi citric acid usulan lu patut di coba.tapi ada juga cara yg rada mahal tapi singkat...yaitu baju lu mesti di LEMBIRU (Lempar beli BAru) gw jamin pasti ptih trus.he...

nie said...

wow, makasih buat infonya. sangat sangat sangat berguna, dear ;) *soale baju putihku ada yg ternoda sih*

WoeL said...

seeep nih mba, ntr kalo ada baju putih yang dah aga lusuh ta cobain tipsnya deh, tp kalo di bpp belinya dimanaya?

Nia said...

wah ternyata sitrun yaaa...ampuh ngilangin noda? perlu dicoba nechh...mksh ya....

dwinacute said...

hehehh makacih ya infonya soalnya aku juga penggemar baju putih. dan masalah kamu juga sering banget kena ke aku. good info bisa di coba neh.

salam kenal ya

Meidy said...

sebenarnya ada satu cara lg spy noda ilang, mo tau caranya? dijemur di depan rmh aja mb, hehehehe... btw, tengkyu tipsnya ya..penggemar putih juga niy..

Nana said...

Wah.....mama sering kerepotan nyuci baju putih anak2 yang kena noda... tipsnya wajib dicoba nih....tengkyu ya... 'n salam kenal juga...

tRy... said...

klo sitrun uda kebeli.., deterjen ada.., tapi oraNgnya males nyuci ky' aQ gmane dunk??? ;p

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net