22 January 2018

Pameran Foto dan Video KIJP : Wujud Apresiasi Terhadap Dokumentator




Bertempat di Jakarta Creative Hub, Thamrin, pameran foto dan video dari Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau (KIJP) resmi dibuka kemarin, Sabtu, 20 Januari 2018. Buat yang bingung di mana itu Jakarta Creative Hub, patokannya ga jauh darin stasiun karet, lokasinya persis berdampingan dengan Apartemen Thamrin Residence. 

Saya sendiri baru pertama kali ke Jakarta Creative Hub (soal JCH ini saya berencana menuliskan di post yang berbeda 😀). Jadi apa sih sebenernya Pameran Foto dan Video ini, lalu apa itu KIJP? Sama dengan KJP?




Yup, jadi KIJP itu singkatan dari Komunitas Inspirasi Jelajah Pulau, sebuah kegiatan sosial yang peduli terhadap pendidikan anak sekolah dasar di kepulauan. Siapa aja yg gabung di KIJP? banyaaaak banget, berbagai macam profesi tergabung di komunitas ini. Saya sendiri baru gabung di batch 6, 2017 kemarin, dan ditempatkan di Pulau Kelapa, selama 3 hari. Jadi, jelas kan kalau KIJP beda dengan KJP. Yup, terdengar sama tapi sejatinya berbeda. Dulu waktu di Pulau Kelapa, banyak warga setempat yang masih mengira, kami ini dari KJP, heheheheh.

Lalu pameran foto dan video ini apa? Oke, jadi gini, setiap kegiatan KIJP ada yang namanya relawan inspirator dan ada yang namanya relawan dokumentator. Kalau relawan inspirator, adalah mereka yang mengenalkan profesi ke anak-anak pulau, nah relawan dokumentator adalah mereka yang mengabadikan setiap momen yang ada di pulau, mulai dari kegiatan di sekolah, ekspresi dan tingkah laku anak-anak, hingga interaksi antara anak dan relawan.So, untuk mengapresiasi karya-karya relawan dokumentator, dibuatlah pameran foto dan video. Ini sebenernya kali kedua, tahun 2016 lalu juga sudah pernah diadakan, waktu itu bertempat di Galeri Indonesia Kaya.




Kali ini ada sekitar 60 karya foto dari 2304 foto yang masuk. 60 foto ini lah yang berhasil lolos untuk kemudian dipamerkan. Melihat foto-foto ini, seakan membawa kembali memori semasa di pulau, ketika berinteraksi dengan anak-anak. Sebuah momen yang priceless banget, jadi ga sabar untuk ikutan KIJP batch 7 😀





Buat yang juga mau liat, datang aja mulai taggal 22 Januari sampai 27 Januari dari jam 11:00 sampai jam 19:00. Kali aja abis ini jadi pengen ikutan KIJP juga :)







Cheers,
Desy

No comments:

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net