25 April 2010

Alasan Kenapa Saya Mengagumi Dia

Sudah lama sebenarnya saya ingin menulis tentang ini, tapi karena begitu banyak yang ingin saya tulis, saya jadi bingung harus memulainya dari mana, dan yang terjadi kemudian akhirnya saya gak jadi nulis, numpuk lagi di kepala, gituuuuu terus selama beberapa kali. Tapi enggak untuk kali ini, saya sudah niatin untuk nulis.

Sebelum saya lebih jauh, coba lihat gambar di bawah ini :




Saya yakin kalian tidak asing dengan dia, wajahnya sering nongol di layar kaca. Ya, dia adalah PANDJI PRAGIWAKSONO, atau yang kebanyakan orang tahu bahwa dia adalah Pandji si presenter Kena Deh. Awalnya saya tidak begitu banyak tahu tentang sosok Pandji, yang saya tahu dia adalah seorang presenter acara Kena Deh, lalu Hole In The Wall. Sampai akhirnya saya tahu bahwa dia juga seorang penyiar radio di Hard Rock. Saya tahunya juga setelah saya pindah ke Jakarta 2008 yang lalu.

Bermula dari iseng-iseng mendengarkan Hard Rock, setelah tidak lagi menjadi pendengar Prambors (untuk yang ini ceritanya saya tulis di bagian lain blog ini), saya malah jadi 'jatuh cinta' dengan program yang dibawakan Pandji dan Steny (Steny Agustaf-red), dan dari situ juga saya tahu bahwa Pandji adalah seorang blogger, yang aktif menuliskan pemikiran-pemikirannya. (silakan baca di http://pandji.com)

Hampir setiap postingan yang di publish Pandji menginspirasi saya, membuka mata saya lebih lebar, dan menambah wawasan saya lebih luas. Jujur, saya belum pernah mengagumi seseorang seperti saya mengagumi dia. Dari situ saya mulai rajin mampir ke blog nya, mulai mencoba untuk mencari tahu lebih banyak tentang sosok Pandji. Saya memang hanya silent reader, karena saya hampir tidak pernah meninggalkan komentar di blognya. Setelah membaca blognya, dan jika saya rasa apa yang ditulisnya itu menginspirasi, maka saya tidak segan-segan untuk menyebarkan link blog Pandji ke teman-teman terdekat saya. Beberapa diantaranya bahkan tahu betul bahwa saya bisa dibilang nge-fans berat dengan Pandji, heheheh.

Saya tidak malu mengakui bahwa saya memang mengagumi sosok Pandji, tidak hanya karena dia seorang public figur, tapi lebih dari itu. Dia adalah seorang pemiikir, pengobar semangat, dan seseorang yang sangat cinta terhadap negaranya, INDONESIA. Dia adalah orang yang berhasil membuat saya tidak malu ketika mengucapkan INDONESIA, dan mengangkat tangan untuk INDONESIA. Dia adalah orang yang membuat saya yakin dari setiap tulisannya, setiap ucapannya, dan setiap perbuatannya bahwa INDONESIA adalah negara yang LUAR BIASA.
Tidak percaya? skeptis? pesimis? silakan baca setiap pemikiran dia di blognya. Saya yakin setelah kalian baca, kalian akan merasakan apa yang saya rasakan, kalau tidak, ya semoga suatu saat kalian bisa merasakannya.

Selain sebagai presenter dan penyiar radio, Pandji juga seorang rapper. Tidak percaya? saya punya album nya, dan saya suka lagu-lagu di setiap albumnya. Provokatif, penuh semangat, dan penuh inspirasi. Temukan sesuatu yang berbeda, tidak melulu soal cinta, tapi juga soal persatuan, semangat nasionalisme, olahraga, keluarga, dan kesederhanaan.

Menurut saya Pandji adalah sosok entertainer sejati. Kenapa saya bilang begitu? karena dari beberapa kali saya melihat nya manggung, ketika membawakan lagu-lagunya, dia selalu bisa membakar semangat yang menontonnya. Saya lihat sendiri ketika beberapa waktu yang lalu di acara Blood For Nation yang diselenggarakan oleh Yamaha, di Cempaka Mas. Ketika itu Pandji nge-rap selama sejam, dan disaksikan oleh orang-orang yang mungkin memang sengaja datang (seperti saya) maupun penonton yang gak sengaja melihat setelah berbelanja di ITC Cempaka Mas. Dari orang yang tadinya hanya sekedar liat, sampai akhirnya ikut terbawa suasana, dan bertahan sampai akhir acara. Bahkan ada mas-mas di samping saya berbisik ketemennya (dan saya gak sengaja denger) dia bilang bahwa ternyata lagunya Pandji enak ya, lalu temen disebelahnya nanya : Itu Pandji yang Kena Deh itu ya?. Saya hanya tersenyum mendengarnya, memang Kena Deh begitu melekat di diri Pandji, tapi bagi saya pribadi, seklai lagi, Pandji lebih dari sekedar presenter Kena Deh, yang memang membuat dia jadi lebih dikenal orang.

Okey balik lagi kenapa saya bilang Pandji adalah seorang entertainer sejati, adalah karena dia bisa memberikan humor-humor segar di sela-sela dia perform. Ucapan-ucapan yang keluar dari mulut Pandji di sela-sela manggungnya dia, bukan hanya sekedar ucapan basa-basi agar supaya tercipta komunikasi antara sang penyanyi dan penonton, tapi lebih dari itu. Gak percaya? coba dateng sekali-kali kalau Pandji perform. Ucapan yang keluar dari bibir Pandji sering kali membuat penontonnya mengangguk-anggukan kepala tanda setuju (asumsi saya), karena biasanya apa yang diucapkannya merupakan bridging sebelum dia masuk ke lagu selanjutnya. Contoh sebelum menyanyikan lagunya yang berjudul KAMI TIDAK TAKUT, biasanya Pandji akan mulai dengan berbicara masalah terorisme di Indonesia, baru setelah itu dia masuk ke lagunya. Atau contoh lain sebelum dia bawain lagu HARUS BERSATU, maka dia akan mulai dengan bicarain potret sepakbola di tanah air. Begitu seterusnya. Itulah mengapa saya bilang dia entertainer sejati, karena dia bisa memaksimalkan potensi yang ia miliki. Dan sekali lagi saya kagum dengannya.

Hal lainnya yang membuat saya kagum adalah dia seorang yang sangat cinta terhadap negaranya, dia sering bilang bahwa ada dua jenis pemuda : 1. Pemuda yang menuntut perubahan, dan 2. Pemuda yang menciptakan perubahan. Pilih sendiri kamu termasuk pemuda yang mana. Kalau dulu mungkin saya adalah pemuda yang menuntut perubahan, selalu mengeluh ketika apa yang terjadi di negara ini tidak sesuai dengan apa yang saya harapkan, tapi hari ini saya ingin menjadi pemuda yang kedua, menciptakan perubahan. Tidak langsung besar memang, karena lagi-lagi Pandji sering berkata, sesuatu yang besar pasti diawali dengan sesuatu yang kecil, maka saya memilih untuk menyebarkan semangat yang ditularkan Pandji kepada orang-orang terdekat saya. Memang tidak langsung mengahsilkan apapun, tapi saya percaya dengan semangat kita bisa bangkit untuk bersama-sama menciptakan perubahan :)

Saking seringnya saya ngomongin tentang Pandji, tentang semangat nasionalismenya, tentang apapun yang berhubungan dengan Pandji, maka tidak heran banyak yang tanya : kenapa sih suka banget sama Pandji? Apa istimewanya Pandji? kadang saya suka bingung jawabnya, karena banyak hal yang saya suka dari dia. Maka dari itu lebih baik saya tulis saja disini, sehingga kalau besok ada yang tanya lagi, maka orang itu akan saya suruh baca saja tulisan ini :p. Sebenarnya dari beberapa orang itu ada juga yang sudah mulai mengerti dan bahkan mulai ikut terprovokasi dengan pemikiran-pemikiran Pandji. Saya seringkali merasa senang dan tersenyum ketika teman saya pun akhirnya ikut tertular semangat Pandji. :) Saya berharap semakin banyak orang tahu tentang Pandji, maka semakin banyak pula yang tertular semangatnya, dan dengan begitu bisa sama-sama menciptakan perubahan bagi negara ini.

Saya tadi baru saja pulang dari peluncuran E-book nya Pandji di EX, dan berkesempatan untuk mendowload (lebih tepatnya nge-save ke flashdisk) e-book nya Pandji yang berjudul NASIONAL.IS.ME (bisa di dowload tanggal 1 Mei di blognya Pandji). Di e-book nya tertulis dengan jelas mengenai keindahan INDONESIA, dan mengapa kita perlu optimis dengan negara ini. Memang saya belum selesai membacanya, saya baru selesai sampai kota-kota yang pernah di kunjungi Pandji. Beruntung Pandji bisa keliling Indonesia, dan mengenal lebih jauh kekayaan bangsa ini. Tapi walaupun begitu saya juga merasa beruntung karena bisa menikmati pengalaman Pandji walau hanya melalui tulisannya.

Di e-booknya, Pandji menceritakan kota-kota yang pernah dikunjunginya beserta kelebihan dari kota-kota tersebut. Mulai dari Bandung, sampai ke Papua. Dengan membaca e-book nya Pandji, saya semakin mengenal kekayaan yang dimiliki bangsa ini, dan berdoa agar suatu saat saya juga berkesempatan mengunjungi kota-kota di seluruh INDONESIA, karena sejauh ini kota yang pernah saya kunjungi adalah Jogja (4tahun tinggal di Jogja), dan Jakarta (hampir 2 tahun), selain dari Balikpapan yang memang kota kelahiran saya, juga Solo, Semarang, Cilacap, dan Bandung (kalau yang ini hanya untuk jalan-jalan).
Semoga semangat yang ditularkan Pandji ini bisa selalu menginspirasi saya untuk senantiasa melakukan hal-hal terkecil sekalipun untuk bangsa ini. Terimakasih Pandji yang telah memberikan inspirasi untuk saya, dan untuk anak muda di negara ini. Saya kagum dengan mu :)



4 comments:

felicity said...

Hmmm....gara2x membaca postingan ini saya jadi tahu deh yang namanya Pandji.... nanti saya main ke blognya deh.... Makasih ya jeung.... Hoping that you're doing fine there. Hugs :)

Cipu said...

pernah liat dia tampil di acara pesta blogger 2010. So far so good (halah gak nyambung)

Okkots said...

Pandji?? hehe tiba tiba ingat tokoh hero yang dilahirkan Indosiar yang diperankan oleh Primus :)

rainsya said...

Thanks Dessy sudah menyebarkan virus" "Pandji" (salah satu temenya desy yang jadi korban :P), mungkin dengan gw baca e_booknya panji NASIONAL.IS.ME, mudah"an gw bisa menjadi pemudi yang melakukan perubahan buat Negaranya Indonesia Tercinta Ini...(walaupun sedang dalam proses nih..) MERDEKA!!!!

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net