21 July 2009

Unity in Diversity

Peristiwa ledakan bom di JW Marriot dan Ritz Carlton Jumat lalu, menggugah rasa nasionalisme kita. Bagaimana tidak, sesaat setelah peristiwa ledakan di dua tempat itu, berbagai posting, status, di blog, facebook, twitter, mengecam aksi pengeboman biadab itu!!

Saya tidak tahu pasti mulanya, namun yang jelas di twitter ramai status dengan menuliskan #indonesiaunite di akhir status, sebagai jawaban dari aksi pengeboman, dengan tujuan menunjukkan kepada mereka -PARA TERORIS-, bahwa kami TIDAK TAKUT!!! dan menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia - negara dengan penduduk muslim terbesar- mengecam aksi terorisme yang mengatasnamakan agama tertentu.

Sedih rasanya Indonesia - yang dalam lima tahun terkahir - berupaya untuk memulihkan nama baiknya di mata dunia, kini mendapat aksi teror bom lagi. Hancur sudah apa yang selama ini diperjuangkan untuk memulihkan nama baik Indonesia di mata dunia. Kini kita harus bejuang dari nol lagi, agar dunia percaya bahwa Indonesia aman. Susah!! Kenyataannya saja, teman saya yang berencana ke Jakarta akhir July ini, berniat membatalkan rencananya karena merasa Jakarta tidak aman, takut ada pemboman lagi. Itu orang Indonesia lo, apalagi mereka, orang luar. Langkah kecil yang saya lakukan -namun semoga bermanfaat- adalah meyakinkan teman saya bahwa Jakarta aman, silakan datang ke Jakarta, jangan takut datang ke Jakarta, karena dengan menunjukkan bahwa kita Tidak Takut, akan membuat usaha teroris untuk mengintimidasi kita akan sia-sia.

Hikmah yang bisa kita ambil dari peristiwa ledakan bom beberapa hari yang lalu adalah bahwa kita, sebagai bangsa Indonesia, kembali bersatu lagi, nasionalisme kita tergugah lagi, setelah selama beberapa bulan, menurut pandangan saya, Indonedia 'terpecah' karena perbedaan pandangan politik. Ramai di milis topik-topik yang membahas dukungan terhadap salah satu capres, yang terkadang bahasannya secara langsung maupun tidak menghujat kandidat capres lainnya. Saya sampai sempat beberapa minggu tidak ingin membaca topik-topik mengenai pemilu di milis, merasa eneg dengan topik yang memojokkan salah satu kandidat capres. Tapi kini, sejenak kita lupakan perbedaan pandangan politik, agama, kepengitngan, pokoknya apapun terkait perbedaan. Mari rapatkan barisan untuk bersatu, saat ini kita sama-sama berduka atas ledakan bom tersebut, sama-sama menundukkan kepala untuk mengheningkan cipta, berdoa untuk para korban ledakan bom dan semoga keluarga yang ditinggalkan mendapat kelapangan hati dan keikhlasan menerima cobaan ini.

Peristiwa ini juga seolah menyentil kita yang kadang lupa dengan akhirat, yang terlalu intim dengan dunia, bahwa kapanpun, dimanapun, dengan cara yang berbeda kita pasti akan menghadap Ilahi. Semoga dengan peristiwa ini kita semakin dekan denganNya. Bukan karena takut mati -karena semua orang pasti akan mati-, tapi lebih kepada agar kita setidaknya 'siap' menghapadi akhir kita.

Semoga persatuan kita tidak hanya kalau kita lagi mendapat musibah, tapi untuk selamanya, dan semoga perbedaan yang ada di kita tidak menjadikan kita terpecah belah. UNITY IN DIVERSITY!!!!

4 comments:

Retrira said...

Hi say..

Just wanted to you know kalo banyak temen2 aku dari luar negeri yang berencana dateng ke Indonesia (tepatnya Jakarta dan Bali) bulan Juli dan Agustus ini, mereka TIDAK MEMBATALKAN perjalanan mereka ke negara kita..

Mereka juga ikut mengecam siapapun dalang dari pem-bom-an ini...

Jadi yuppzzz...kita saling bahu membahu untuk ngatasin masalah ini :) UNITY IN DIVERSITY! Bhineka Tunggal Ika!!

Cipu said...

Indira, sudah lama saya tidak mendengarkan semboyan Unity in Diversity.
Tempat saya sendiri lokasinya lumayan dekat dengan JW Marriot danRitz Carlton.
Semoga saja, keadaan bisa kembali normal. Dan pelakunya dapat segera diamankan. Amiiin

Bintang said...

hi indira,

*try to leave mark on your blog, :P

anyway, di Bali sampai saat ini masih sangat ramai. seperti tidak terjadi apa-apa, karena turis sudah mulai bijak menghadapi kecaman seperti pemboman minggu lalu.

"it could happen in any place in this world" kata mereka, tidak hanya di Indonesia namun di luar sana juga banyak kejadian seperti kemarin. see, mereka percaya kok dengan kita, mereka tau usaha kita 5tahun ini tidak SIA-SIA.

Anggap saja bom kemarin malah MEMPERSATUKAN kita kembali, memupuk nasionalisme kita lagi, dan kita dengan bangga menyebut I AM PROUD TO BE INDONESIAN.


Cheers,


Bintang

genial♀ said...

turut berduka buat para korban yang sedalam2nya :) semoga keluarga dikuatkan :(

Author

BTemplates.com

Checkpagerank.net